Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Minta Boeing Kembalikan Kepercayaan Publik RI

Pramesti Regita Cindy
11 July 2024 20:40

Boeing (Bloomberg Technoz)
Boeing (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS) Boeing untuk segera mengembalikan kepercayaan publik dalam negeri.

Permintaan ini diminta Kemenhub menyusul pernyataan Boeing yang mengaku bersalah atas dua kecelakaan pesawat series 737 max milik Lion Air (Indonesia) pada 2018 dan Ethiopian Airlines (Ethiopia) pada 2019.

"Kami mendorong Boeing untuk dapat secepatnya mengembalikan kepercayaan publik. Hal ini mengingat Boeing telah menghadapi krisis kepercayaan terkait catatan keselamatan, sejak dua kecelakaan yang melibatkan pesawat 737 Max pada tahun 2018 (insiden Lion Air Indonesia) dan 2019 (insiden Ethiopian Airlines)," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangannya, Kamis (11/7/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) akan terus melakukan pengawasan kelaikan pesawat udara, terlebih terhadap keamanan penerbangan.

"Kami akan terus meningkatkan pengawasan kelaikan pesawat Udara, setelah adanya pengakuan bersalah dari Boeing, sebagai bagian dari keamanan penerbangan bagi masyarakat," sambungnya.