Logo Bloomberg Technoz

Menurut surat FDA, perusahaan tersebut menemukan granola bar di pabrik Illinois yang dinyatakan positif salmonella pada bulan November. Lebih dari dua minggu kemudian, laboratorium PepsiCo mengkonfirmasi temuan tersebut, dan perusahaan mulai menarik produk pada 14 Desember. Pemberitahuan penarikan tersebut menyatakan bahwa salmonella "dapat menyebabkan infeksi serius dan terkadang fatal pada anak kecil, orang tua yang lemah, dan orang lain dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah."

Inspektur FDA tiba di fasilitas Illinois beberapa hari setelah penarikan dimulai dan menemukan salmonella di celah lantai tempat residu makanan ditemukan. Surat tersebut menyatakan bahwa perusahaan kemudian mengakui telah menemukan jenis salmonella yang sama di fasilitasnya sejak setidaknya tahun 2020. Temuan ini mungkin menunjukkan bahwa salmonella tersebut mungkin telah bertahan hidup sejak saat itu, tulis FDA.

Menurut FDA, perusahaan tersebut telah menemukan salmonella jenis yang sama saat memeriksa berbagai bagian pabrik sebanyak 13 kali sejak Juni 2022. Pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari pengujian rutin yang bertujuan untuk memeriksa kualitas produk yang dibuat di sana. Karyawan telah membersihkan dan mensanitasi area tersebut tetapi tidak pernah mengidentifikasi sumber kontaminasi. FDA meminta perusahaan tersebut untuk mengidentifikasi apakah perlu tindakan lebih lanjut di pabrik mereka yang lain untuk mencegah kontaminasi yang terus-menerus seperti ini.

(bbn)

No more pages