Logo Bloomberg Technoz

“Tanda-tanda awal yang mungkin tidak dihasilkan, dapat menyebabkan penurunan peringkat penilaian.”

Jeda beda valuasi indek S&P500 dengan saham-saham terkati AI milik Goldman Sachs.

Amazon diperkirakan akan menghabiskan US$63 miliar untuk belanja modal tahun ini, meningkat dari US$53 miliar pada tahun 2023, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Meta dan Alphabet yang merupakan pemilik Google akan membelanjakan jumlah yang sangat besar pada tahun 2024.

Gebrakan seputar AI telah mendorong saham-saham AS ke rekor tertinggi tahun ini, dengan Nvidia Corp. menjadi salah satu penerima manfaat terbesar dari perdagangan ini.

Investor secara luas memperkirakan hiruk-pikuk ini akan tetap menjadi ‘bensin’ reli di paruh kedua.

Pada bagian lain bertaruh pada sektor-sektor seperti penyedia infrastruktur dan utilitas untuk memimpin kenaikan selama sisa tahun 2024.

Namun  para ahli strategi mengatakan bahwa pengeluaran AI saat ini “masih tidak sebanding” dengan tingkat belanja modal yang terlihat selama kejatuhan dot-com.

Pada puncak gelembung teknologi pada pergantian milenium, kelompok saham teknologi, media, dan telekomunikasi menghabiskan lebih dari 100% arus kas dari operasi untuk belanja modal dan litbang, kata Hammond. Saat ini, total tagihan mencapai 72%.

Lebih jauh, biaya yang terkait dengan depresiasi dapat menjadi risiko bagi profitabilitas, kata ahli strategi tersebut.

“Seperti yang ditunjukkan dalam bubble teknologi, revisi penjualan akan menjadi indikator utama bagi investor untuk menilai daya tahan perdagangan AI,” pungkas Hammond.

(bbn)

No more pages