Logo Bloomberg Technoz

Hubungan China-India Panas Efek Bentrok di Perbatasan

News
11 July 2024 18:00

Ilustrasi ketegangan di perbatasan China-India. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ketegangan di perbatasan China-India. (Sumber: Bloomberg)

Sudhi Ranjan Sen - Bloomberg News

Bloomberg, China dan India, negara tetangga bersenjata nuklir, telah saling berhadapan dengan ribuan tentara di wilayah sengketa Himalaya sejak 2020. Saat itu, bentrokan meletus menjadi pertempuran mematikan pertama dalam empat dekade terakhir. New Delhi membalas secara ekonomi dengan memblokir investasi dan membatasi akses pasar India yang besar, terutama bagi perusahaan-perusahaan teknologi China.

Beberapa putaran perundingan untuk menyelesaikan perselisihan telah menunjukkan kemajuan bertahap. Namun, setiap resolusi kemungkinan tidak akan banyak mempengaruhi arus geopolitik yang lebih luas. AS dan sekutunya telah berusaha menarik India lebih dekat ke dalam koalisi demokrasi sebagai benteng melawan pengaruh China yang terus meningkat, sementara China sedang mencari sekutu dalam upaya mereka untuk melawan apa yang mereka anggap sebagai hegemoni Barat.

1. Apa yang dimaksud dengan sengketa perbatasan China-India?

Pada tahun 2020, China mengejutkan India dengan mengerahkan pasukannya di Ladakh, bagian terpencil di India paling utara yang berbatasan dengan Tibet (wilayah otonomi China). Perbatasan sepanjang 3.488 kilometer (2.167 mil) ini tidak memiliki garis batas di lapangan dan alasan untuk manuver ini masih belum jelas.