Logo Bloomberg Technoz

Braincipher Ransomware Serang PDN Berimbas ke 167 Instansi

Redaksi
11 July 2024 17:10

Bedah Proyek PDN yang Kena Ransomware & Minta Tebusan US$8 Juta (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Bedah Proyek PDN yang Kena Ransomware & Minta Tebusan US$8 Juta (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto menyatakan kasus peretasan di Pusat Data Nasional Sementara (PNDS) 2 Surabaya berdampak pada 167 Kementerian, Lembaga, dan Daerah (K/L/D).

Pejabat Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan sebelumnya menyebut hacker yang menyusup dan mengaktifkan malware pada pusat data (PDN) berimbas pada gangguan di 210 instansi.

Sebagai bentuk tanggung jawab Semuel mengumumkan pengunduran diri pada 4 Juli lalu. Posisi Dirjen Aptika Kominfo kini dijabat oleh Plt Ismail, yang juga merupakan Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kominfo.

“Berdasarkan hasil pemetaan dan validasi yang dilakukan terhadap 282 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah PDNS 2, terdapat sebanyak 167 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang terdampak,” urai Hadi dalam keterangan tertulis yang dipublikasikan, Kamis (11/7/2024).

Hingga selasa 30 layanan publik dinyatakan pulih dan sudah bisa beroperasi normal (go live). Dalam pekerjaan recovery lanjutan, tim gabungan menargetkan pemulihan pada tujuh layanan di enam K/L/D.