Logo Bloomberg Technoz

Atasi Kelangkaan, Bandara Narita Terima Impor Bahan Bakar Jet

News
11 July 2024 16:00

Bandara Narita kekurangan bahan bakar. (Sumber: Bloomberg)
Bandara Narita kekurangan bahan bakar. (Sumber: Bloomberg)

Tsuyoshi Inajima dan Supriya Singh - Bloomberg News

Bloomberg, Narita International Airport Corp memutuskan untuk menerima impor bahan bakar jet guna mengatasi kelangkaan yang dialami maskapai penerbangan asing. Kelangkaan ini terjadi saat permintaan penerbangan meningkat tajam.

Narita saat ini tengah dalam proses menerima bahan bakar jet yang dibeli oleh perusahaan perdagangan Jepang dari luar negeri untuk pelanggan maskapai mereka. Juru bicara Narita mengatakan bahwa ini adalah pertama kalinya Narita menggunakan fasilitas pengisian bahan bakar dan transportasi mereka sendiri untuk menjaga pasokan. Namun, ia menolak memberikan rincian seperti jumlah bahan bakar yang akan diimpor.

Langkah ini diambil karena Jepang mengalami peningkatan tajam jumlah wisatawan asing. Salah satu faktor pemikat adalah nilai tukar yen yang berada di level terendah dalam 38 tahun terakhir. Bandara domestik dan internasional telah menghadapi krisis bahan bakar selama beberapa bulan terakhir, di tengah kekurangan pekerja dan truk tangki bahan bakar. Kementerian transportasi bulan lalu membentuk gugus tugas untuk mengatasi masalah ini.

Berdasarkan inisiatif terbaru, bahan bakar jet akan dibongkar di terminal minyak milik Narita di dekat kota Chiba dan kemudian dipompa ke bandara melalui pipa. Narita akan mengenakan biaya atas penggunaan fasilitas mereka.