Logo Bloomberg Technoz

Rapor Para Raksasa Teknologi dalam Mereduksi Emisi Karbon

News
11 July 2024 15:50

Amazon. (Dok: Bloomberg)
Amazon. (Dok: Bloomberg)

Matt Day—Bloomberg News

Bloomberg, Pemangkasan anggaran pusat data berteknologi komputasi awan (cloud-computing) dan pengeluaran gudang telah menurunkan angka emisi Amazon.com Inc. Perusahaan melaporkan emisi karbonnya turun selama dua tahun berturut-turut pada tahun 2023. Emisi gas rumah kaca raksasa e-commerce ini tahun lalu turun 3%, menjadi 68,82 juta metrik ton karbon dioksida (CO2).

Realisasi ini didorong oleh penurunan emisi sebesar 13% yang terkait dengan barang modal - termasuk pembelian konstruksi dan peralatan.

Belanja modal perusahaan yang berbasis di Seattle ini turun sekitar US$10 miliar pada tahun 2023 karena perusahaan mengatasi kelebihan kapasitas gudang di era pandemi dan memangkas pengeluaran untuk pusat data yang mendukung Amazon Web Services (AWS).

Data yang dipublikasikan dalam laporan sustainability tahunan Amazon pada hari Rabu, kontras dengan pengungkapan dari saingannya, Microsoft Corp dan Google milik Alphabet Inc, yang berjuang untuk mengurangi emisi mereka di tengah lonjakan permintaan pusat data untuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).