Logo Bloomberg Technoz

Terjadi Lagi, Ban Boeing Meledak Saat Lepas Landas di Florida

Redaksi
11 July 2024 13:45

Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max (dok. Bloomberg)
Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max (dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Insiden buruk kembali menimpa produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing Co. Sebuah pesawat Boeing 737-800 terpaksa menunda penerbangan usai ban pesawat meledak saat lepas landas di Bandara Internasional Tampa, Florida.

Melansir Tampa Bay Times, video yang diunggah di YouTube oleh pengguna bernama Kapten Steven Markovich menunjukkan sebuah pesawat American Airlines sedang meluncur di landasan pacu saat ban sebelah kanan terbakar dan asap memenuhi udara pada Rabu (10/7/2024) pagi waktu setempat. Video tersebut menunjukkan percikan api dan serpihan ban yang tertinggal di landasan pacu.

Joshua Gillin, juru bicara bandara, mengatakan dalam sebuah email bahwa para petugas tanggap darurat dipanggil sesaat sebelum pukul 8 pagi. Para penumpang dan kru pesawat keluar dari pesawat dan dibawa ke Airside F, dan operasi penerbangan lainnya tidak terpengaruh.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan, menurut juru bicara American Airlines, Ethan Klapper, yang mengatakan bahwa ada 174 penumpang dan enam kru dalam pesawat tersebut. Klapper mengatakan, pesawat tersebut mengalami masalah mekanis yang berkaitan dengan ban sebelum lepas landas.

"Para penumpang turun dengan selamat dan diantar ke terminal," kata Klapper dalam sebuah email. "Kami tidak pernah ingin mengganggu rencana perjalanan pelanggan kami dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkannya."