Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Inggris Tumbuh 0,4% di Mei, Belanja Ritel jadi Penompang

News
11 July 2024 15:10

Jalanan pusat pertokoan di Inggris (Bloomberg)
Jalanan pusat pertokoan di Inggris (Bloomberg)

Tom Rees dan Irina Anghel - Bloomberg News

Bloomberg, Pemulihan ekonomi Inggris mendapatkan momentum di bulan Mei. Hal ini menjadi dorongan awal yang positif bagi pemerintahan baru Partai Buruh saat mereka berupaya menghidupkan kembali prospek pertumbuhan negara.

Kantor Statistik Nasional (Office for National Statistics/ONS) pada Kamis (11/07/2024) melaporkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris naik 0,4% bulan ke bulan di bulan Mei, setelah sebelumnya stagnan di bulan April. Angka ini dua kali lipat dari perkiraan ekonom sebesar 0,2%, mencerminkan ekspansi tercepat di sektor konstruksi dalam hampir satu tahun.

Angka-angka tersebut menempatkan Inggris pada jalur untuk mencapai pertumbuhan yang solid pada kuartal berikutnya, melanjutkan pemulihan dari resesi yang ingin didorong oleh Partai Buruh dengan serangkaian kebijakan pendorong pertumbuhan.

Cuaca yang lebih baik di bulan Mei turut membantu perekonomian setelah aktivitas di sektor ritel dan konstruksi terhambat oleh hujan deras di bulan April. Data sebelumnya menunjukkan bahwa penjualan ritel melonjak karena Inggris mengalami bulan Mei terpanas yang pernah tercatat, menurut Met Office.