Logo Bloomberg Technoz

Upaya China Pulihkan Ekonomi Mengorbankan Sektor Menufaktur

News
11 July 2024 14:30

Produksi foil tembaga di Zhejiang Huanergy Co. di Jinhua, China. (Fotografer: Qilai Shen/Bloomberg)
Produksi foil tembaga di Zhejiang Huanergy Co. di Jinhua, China. (Fotografer: Qilai Shen/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Jeff Pan, yang mengelola pabrik pengolahan tembaga skala menengah di pusat manufaktur China, sedang menjelaskan pelajaran yang didapat olehnya dan pihak lain dalam rantai pasokan teknologi tinggi yang diperjuangkan oleh Presiden Xi Jinping, bahwa permintaan bukanlah segalanya.

"Persaingan terlalu ketat dalam dua tahun terakhir ini," kata Pan di pabriknya dekat pusat pabrik Yiwu, beberapa jam perjalanan ke selatan Shanghai. "Banyak perusahaan akan beralih ke industri yang sedang berkembang. Pada titik tertentu, ada seleksi besar dan hanya yang kuat yang bisa bertahan."

Kembali ke 2017, ketika ia mendirikan Zhejiang Huanergy Co, Pan ingin memanfaatkan apa yang dia perkirakan akan menjadi kebutuhan besar untuk foil tembaga super tipis yang digunakan dalam baterai kendaraan listrik dan sirkuit elektronik. Dia benar, dan konsumsi melonjak. Huanergy, demikian perusahaan itu dikenal, memasok ke pembangkit listrik China seperti BYD Co dan Contemporary Amperex Technology Co Ltd.

Masalahnya adalah banyak perusahaan lain memiliki ide yang sama. Ini merupakan sebuah dinamika yang telah mempengaruhi sektor lain yang dipilih oleh pemerintah untuk membantu membangun kembali ekonomi dan mendominasi industri masa depan.