Logo Bloomberg Technoz

VinFast Cari Dana Rp4 T Buat Bangun Pabrik Perakitan EV di Subang

News
11 July 2024 14:20

VinFast VF6 di pamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
VinFast VF6 di pamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Megawati Wijaya dan Nguyen Kieu Giang - Bloomberg News

Bloomberg, VinFast Auto Ltd, pembuat kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) asal Vietnam, sedang mencari pinjaman bank sekitar US$250 juta (sekitar Rp4,04 triliun) untuk mendanai pembangunan pabrik perakitannya di Subang, Indonesia, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut.

Perusahaan tersebut, yang merupakan anak perusahaan konglomerat Vietnam Vingroup JSC dan dikendalikan oleh orang terkaya di negara tersebut, Pham Nhat Vuong, telah mendekati bank-bank di Indonesia untuk meminta pinjaman dalam mata uang dolar atau dalam mata uang lokal, kata orang yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena pembicaraannya bersifat pribadi.

Pembicaraan dengan bank-bank tersebut menggarisbawahi ambisi perusahaan rintisan tersebut untuk berekspansi secara regional guna bersaing dengan pembuat kendaraan listrik global lainnya, sebuah pasar yang telah menjadi sangat kompetitif dengan pemotongan harga besar-besaran yang menggerogoti pendapatan sektor ini.

Setelah meluncurkan model pertamanya lima tahun lalu, VinFast akan terus mendapat dukungan dari Vuong sampai dia “kehabisan uang,” katanya dalam wawancara dengan Bloomberg Television bulan lalu.