Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia Ramal Ekonomi RI 2024-2026 Tumbuh 5,1%, Ini Pemicunya

Redaksi
11 July 2024 11:59

Aktivitas ekonomi kota Jakarta. Dok Bloomberg
Aktivitas ekonomi kota Jakarta. Dok Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan mencapai rata-rata 5,1% per tahun dari tahun 2024 hingga 2026. Hal ini didorong oleh peningkatan belanja publik, pertumbuhan investasi bisnis, dan permintaan konsumen.

Hal ini disampaikan dalam laporan Bank Dunia berjudul Indonesia Economic Prospects: Unleashing Indonesia’s Business Potential yang diterbitkan Juni 2024. 

Produk domestik bruto (PDB) tetap naik meski ekonomi menghadapi hambatan dari menurunnya harga komoditas yang sempat melonjak, meningkatnya volatilitas harga pangan dan energi, serta meningkatnya ketidakpastian geopolitik.

“Penting untuk mempertahankan kebijakan makro yang berhati-hati, kredibel, dan juga transparan, seraya menciptakan ruang fiskal yang memungkinkan belanja prioritas untuk perlindungan sosial, serta berinvestasi pada human capital dan infrastruktur,” kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Carolyn Turk dalam siaran pers, dikutip Kamis (11/7/2024).

Dalam laporan tersebut dipaparkan, kenaikan harga pangan menyebabkan meningkatnya inflasi utama saat ini. Kondisi iklim yang buruk mengurangi jumlah panen beras dalam negeri dan memengaruhi harga pangan secara lebih luas. Inflasi utama diperkirakan akan mencapai rata-rata sekitar 3% pada 2024.