Logo Bloomberg Technoz

Klarifikasi Erick Soal Isu Pertalite Dibatasi Per 17 Agustus

Dovana Hasiana
11 July 2024 11:40

Erick Thohir./Bloomberg-Dimas Ardian
Erick Thohir./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan pemerintah tidak akan melakukan pembatasan terhadap volume bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar, melainkan hanya menekankan supaya penyalurannya lebih tepat sasaran.

Apalagi, kata Erick, jumlah penduduk di Indonesia makin meningkat dengan tingkat ekonomi yang berbeda. Selain itu, dia mengatakan Kementerian BUMN tengah menunggu keputusan ihwal upaya yang dilakukan pemerintah agar BBM subsidi lebih tepat sasaran.

Saat ini, pembahasan mengenai upaya penyaluran tepat sasaran juga masih berlangsung antar kementerian, khususnya dalam membahas revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Pembatasan [BBM subsidi] tidak ada, jadi tepat sasaran yang diutamakan. Seyogianya masyarakat yang mampu tidak boleh menggunakan BBM subsidi,” ujar Erick saat ditemui di kompleks Parlemen, dikutip Kamis (11/7/2024). 

Banderol harga Pertalite di SPBU Pertamine./Bloomberg-Dimas Ardian

Erick juga menggarisbawahi pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan kenaikan harga minyak dunia mengerek subsidi energi yang digelontorkan.