Logo Bloomberg Technoz

Tren Oplas Artis ke Korea, Devisa Kabur dari Indonesia

Ruisa Khoiriyah
12 July 2024 11:40

Ilustrasi toko kosmetik di Korea Selatan. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi toko kosmetik di Korea Selatan. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tren pesohor Indonesia yang terbang ke Negeri Ginseng, Korea Selatan (Korsel), untuk mempermak wajah dan penampilan tubuh agar kian mendekati standar kecantikan terkini, semakin banyak.

Yang terbaru, dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, artis senior Dian Nitami yang kini berusia 53 tahun, semringah membagikan pengalamannya melakukan prosedur operasi plastik (oplas) pengencangan kulit wajah (facelift), serta pengempisan kantung mata, di Korea Selatan.

Dian menjadi pesohor Tanah Air kesekian yang terbang ke Korea untuk melakukan operasi kecantikan. Sebelumnya ada juga pasangan artis Ina Thomas dan Jeremy Thomas, lalu Angel Karamoy serta Titi DJ.

Tren kepergian warga RI ke Korsel untuk operasi kosmetik memperpanjang daftar 'kalah cepat' Indonesia mengimbangi kemajuan health tourism atau medical tourisme negara-negara tetangga. Selain Korsel, sebagian masyarakat RI terutama kalangan menengah atas jamak pergi ke Penang, Malaysia untuk berobat.

Sedikitnya 2 juta orang Indonesia pergi ke mancanegara untuk berobat, membawa keluar devisa sekitar US$ 11,5 miliar atau Rp186 triliun, seperti pernah disinggung oleh Presiden Joko Widodo. Selain Malaysia dan Korsel, warga RI juga sering pergi ke Singapura, Jepang, Turki, negara-negara di Eropa juga Amerika Serikat.