Logo Bloomberg Technoz

Sedangkan, secara tahunan angkanya juga diperkirakan tetap 3,4%.

Adapun inflasi IHK pada Juni di ekonomi terbesar di dunia itu, akan ada kenaikan ke 0,1% dari sebelumnya 0,0% secara bulanan. Sementara secara tahunan, inflasi AS diprediksi di angka 3,1% melambat, dan melandai dibanding bulan sebelumnya 3,3%. 

"Laporan CPI Juni tampaknya akan menjadi laporan 'Sangat Baik' yang akan meningkatkan keyakinan FOMC mengenai lintasan inflasi," kata Anna Wong di Bloomberg Economics. "Hal ini akan menjadi dasar bagi the Fed untuk mulai menurunkan suku bunga di September."

Mengutip CME FedWatch Tools pagi ini, probabilitas Bank Sentral Federal Reserve memangkas suku bunga acuan sebanyak 25 basis poin (bps) ke 5,00–5,25% dalam rapat September melonjak ke angka keyakinan 69,7% lebih tinggi dari pekan sebelumnya yang sempat menyentuh 56%.

Kemudian, Federal Funds Rate diperkirakan bakal turun lagi 25 bps ke 4,75–5,00% pada rapat Desember. Peluangnya bertambah menjadi 46,2% juga lebih tinggi dari pekan sebelumnya di angka 42%.

Pasar Swap memperkirakan dua kali pemangkasan suku bunga acuan The Fed pada tahun 2024– dan kemungkinan besar pemangkasan pertama akan dilakukan pada September.

(fad)

No more pages