Logo Bloomberg Technoz

Masa Depan Boeing di Tengah Gempuran Masalah, Mungkinkah Kolaps?

Pramesti Regita Cindy
11 July 2024 09:40

Pesawat Boeing Co. 747-8. (Kevin P. Casey/Bloomberg)
Pesawat Boeing Co. 747-8. (Kevin P. Casey/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – The Boeing Company, raksasa pabrikan pesawat terbang asal Amerika Serikat (AS), diyakini tidak akan mudah kolaps begitu saja meski terus-menerus diterpa isu seputar cacat produksi hingga keselamatan yang menggerus kepercayaan publik. 

Analis independen bisnis penerbangan Gatot Rahardjo mengatakan, beberapa hal yang menjadi hambatan Boeing seperti insiden kecelakaan pesawat hingga terlibatnya mereka pada konspirasi kriminal terkait dengan kecelakaan dua pesawat seri 737 Max, akan dapat mereka tangani dengan baik.

"Walaupun memang saat ini di pemberitaan terlihat banyak masalah, tetapi saya melihatnya dengan sistem serta skala bisnis yang mereka miliki, masalah ini cepat atau lambat akan teratasi," ujar Gatot kepada saat dihubungi, Kamis (11/7/2024).

Boeing (Bloomberg Technoz)

Selain itu, sambungnya, Boeing tidak akan goyah begitu saja lantaran mereka juga membawa nama AS, di mana perusahaan diketahui juga membuat pesawat militer untuk Negeri Paman Sam. Terlebih, Boeing juga masih menjadi armada pilihan utama maskapai komersial di dunia, termasuk dengan Indonesia.

"Di negara-negara lain, pesawat Boeing yang dioperasikan untuk komersial dan saat ini sedang dipesan mungkin sebesar 50%, jadi sangat banyak. Di Indonesia, maskapai yang memakai dan masih pesan di antaranya Lion Group dan Garuda," tegasnya.