Logo Bloomberg Technoz

"Bloomberg Economics memperkirakan laporan IHK Juni akan menjadi pembacaan yang 'sangat bagus', meminjam karakterisasi Gubernur Fed Jerome Powell tentang inflasi baru-baru ini," kata ekonom Bloomberg Anna Wong, Chris Collins, dan Stuart Paul pada Rabu (10/7/2024) dalam pratinjau angka-angka tersebut.

"Hal itu seharusnya menjadi dasar bagi The Fed untuk mulai memangkas suku bunga di September."

Berikut komponen-komponen utama yang perlu diperhatikan dalam laporan tersebut:

Sewa NYC

Juni mungkin menandai awal dari moderasi kenaikan sewa yang terlambat, yang telah membuat angka inflasi bulanan secara keseluruhan meningkat pada tahun 2024. Indikator yang dikenal sebagai sewa setara pemilik, yang memiliki bobot 26,6% dalam IHK, telah meningkat 0,41% per bulan sepanjang tahun ini secara rata-rata, dibandingkan 0,27% per bulan pada tahun 2019.

Perlambatan tersebut akan muncul pada data Mei jika bukan karena lonjakan yang tidak biasa di wilayah metro New York City, yang mengalami lonjakan 1,8% pada OER--terbesar dalam 30 tahun. Dan karena NYC adalah wilayah metro terbesar di negara ini, lonjakan tersebut meningkatkan pembacaan OER nasional di Mei sekitar delapan basis poin, menurut Omair Sharif, presiden Inflation Insights.

Data sewa di NYC. (Dok: Bloomberg)

Steve Reed, seorang ekonom di BLS yang menangani angka-angka IHK, mengaitkan pembacaan yang terlalu tinggi tersebut dengan masalah-masalah yang mereka alami dalam mengumpulkan data. Ia juga menunjukkan bahwa data Juni akan mengacu pada sampel unit yang berbeda, yang bergilir setiap enam bulan sekali.

"Sejumlah kecil kutipan yang kami kumpulkan di area-area tertentu pada akhirnya menjadi semakin penting karena ada beberapa kutipan yang tidak kami kumpulkan," ujar Reed. "Pada dasarnya itu mewakili kebisingan."

Mobil Bekas

Menyusul kenaikan 16,2% antara Februari 2020 dan Mei 2023, harga barang inti telah membukukan penurunan dalam 11 dari 12 bulan terakhir. Banyak ekonom memperkirakan mereka akan turun lagi di Juni, dipimpin oleh mobil bekas--salah satu barang terbesar dalam keranjang barang inti.

Sementara sebagian besar indikator harga mobil bekas grosir yang digunakan para ekonom sebagai indikator utama turun di Juni, serangan siber yang memengaruhi dealer di seluruh negeri telah meningkatkan ketidakpastian tentang apa yang akan ditunjukkan oleh angka IHK. Setiap langkah besar mungkin akan terlihat cenderung berbalik arah di Juli.

"Jika serangan ini membuat penjualan bergeser dari dealer mobil baru ke alternatif mobil bekas, hal ini dapat mempertahankan tekanan ke atas pada harga mobil bekas untuk sementara waktu, meskipun nilai grosirnya turun," ujar ekonom Citi, Veronica Clark dan Andrew Hollenhorst, dalam sebuah catatan pada 8 Juli.

"Di lain pihak, harga mobil (untuk mobil baru dan bekas) biasanya meningkat di Juni, dengan faktor-faktor musiman yang negatif yang mengimbangi peningkatan ini," ujar mereka. "Jika serangan itu membuat dealer tidak dapat memperbarui harga (tidak menaikkannya sesuai dengan pola musiman), ini dapat menyebabkan risiko penurunan harga yang disesuaikan secara musiman."

Asuransi Mobil

Harga layanan tidak termasuk makanan, energi, dan sewa--pengelompokan yang diawasi oleh para pejabat The Fed dengan cermat--turun di Mei untuk pertama kalinya sejak 2021, sebagian berkat penurunan biaya asuransi kendaraan bermotor.

Asuransi mobil telah menjadi salah satu komponen terpanas dari IHK tahun ini, dan banyak ekonom memperkirakan bahwa asuransi mobil akan kembali naik pada Juni.

"Kami pikir akan menjadi sebuah kesalahan untuk membuat tren dari cetakan terakhir," ekonom Morgan Stanley yang dipimpin oleh Diego Anzoategui mengatakan dalam sebuah catatan pada 5 Juli.

"Meskipun kami memperkirakan akan terjadi disinflasi di masa mendatang karena perusahaan-perusahaan asuransi menormalkan keuntungannya, kami belum melihat adanya penurunan yang berarti dalam pengajuan suku bunga perusahaan. Perusahaan-perusahaan masih meminta regulator untuk menaikkan premi secara signifikan."

(bbn)

No more pages