Logo Bloomberg Technoz

Pejabat The Fed: Ada Tanda-tanda Menjanjikan untuk Ekonomi AS

News
11 July 2024 07:30

Gubernur Bank Sentral AS Lisa Cook. (Sumber: Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral AS Lisa Cook. (Sumber: Bloomberg)

Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Anggota Komite Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Lisa Cook mengatakan dia tetap memperkirakan inflasi di AS akan turun tanpa menyebabkan dampak terlalu besar di pasar tenaga kerja, meski transisi mulus perekonomian setelah inflasi tinggi itu jarang terjadi.

"Perkiraan awal saya (dan perkiraan banyak pengamat dari luar) adalah bahwa inflasi akan terus bergerak menuju target dari waktu ke waktu, tanpa banyak peningkatan lebih lanjut dalam pengangguran," kata Cook pada Kamis (11/7/2024) dalam pidato yang disiapkan untuk Konferensi Ekonom Australia di Adelaide.

Pidato Cook membahas tentang inflasi global yang terjadi secara bersamaan di negara-negara pascapandemi dan tanggapan bank sentral. Dia mengatakan ada banyak alasan untuk menjelaskan mengapa inflasi naik di banyak negara, seperti rantai pasokan yang terganggu dan gangguan pada pasokan makanan dan energi global.

Komentarnya menyusul kesaksian dua hari Gubernur The Fed Jerome Powell di Capitol Hill. Saat itu dia mengatakan para pembuat kebijakan menunggu lebih banyak data untuk mengonfirmasi bahwa mereka berada di jalur yang berkelanjutan menuju inflasi 2%.