Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk: Implan Otak Neuralink Kedua Sekitar Seminggu Lagi

News
11 July 2024 07:00

Neuralink. (Sumber: Bloomberg)
Neuralink. (Sumber: Bloomberg)

Sarah McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Pendiri Neuralink Corp, Elon Musk mengatakan bahwa perusahaan rintisan (startup) komputer-otak itu akan menanamkan perangkatnya pada pasien manusia kedua dalam waktu sekitar satu minggu. Ia berharap dapat memiliki perangkat pada pasien yang berjumlah "dalam satu digit" pada akhir tahun.

Dalam sebuah diskusi yang disiarkan secara luas di platform sosial X milik Musk, miliarder tersebut dan beberapa staf penting Neuralink menggambarkan kemampuan perangkat saat ini dan kemungkinan di masa depan, seperti memperbaiki kelumpuhan dan kehilangan ingatan.

Mereka juga menguraikan langkah-langkah yang akan diambil tim dalam operasi di masa depan untuk menghindari beberapa kemunduran yang terjadi setelah implantasi pertama, pada pria Arizona, Noland Arbaugh.

Tujuan jangka panjangnya "adalah mengurangi risiko peradaban yang lebih lama dari AI," atau kecerdasan buatan. Neuralink dapat membantu hal tersebut dengan menciptakan "simbiosis yang lebih dekat antara kecerdasan manusia dan kecerdasan digital." Idenya, kata Musk, "adalah memberi orang kekuatan super.