Logo Bloomberg Technoz

BNM mungkin akan mempertimbangkan dampak reformasi subsidi terhadap inflasi sebelum mengambil langkah apa pun. Pada saat yang sama, Anwar ingin mempersempit defisit anggaran menjadi 4,3% dari produk domestik bruto tahun ini dari 5% tahun lalu, sebuah langkah yang diawasi dengan ketat oleh para investor.

Malaysia (Dok: Bloomberg)

Namun, waktu terus berdetak bagi pemerintah jika mereka ingin memenuhi target defisit anggaran untuk tahun 2024, menurut para analis. Pemerintah harus mencabut subsidi untuk RON95 tahun ini.

Panduan Inflasi

Bank sentral mungkin akan memperbarui proyeksi inflasi pada Kamis. Pada pertemuan 9 Mei, BNM memperkirakan kenaikan harga konsumen rata-rata 2%-3,5% tahun ini, yang telah mempertimbangkan dampak dari pencabutan subsidi bahan bakar secara "bertahap dan berurutan."

Sejak saat itu, pemerintah telah mengizinkan kenaikan harga solar. Panduan apa pun akan sangat membantu pasar. Harga untuk Juni--yang akan mencerminkan dampak kenaikan harga diesel--baru akan tersedia akhir bulan ini.

Untuk saat ini, waktu dan besaran penyesuaian untuk RON95 "masih menjadi misteri", sementara dampak reformasi diesel terhadap harga-harga barang-barang dan jasa-jasa lain masih menjadi "kartu liar", menurut para analis di Malayan Banking Bhd.

Indikator Ringgit

BNM mengatakan bulan lalu bahwa mereka sedang menjajaki lebih banyak langkah untuk memastikan bahwa ringgit tetap stabil setelah mata uang ini merosot ke level terendah dalam 26 tahun terakhir di Februari.

Suku bunga acuan Malaysia tetap berada pada rekor selisih dengan suku bunga Federal Reserve. Intervensi bank sentral sejauh ini telah membuahkan hasil. Mata uang Malaysia adalah salah satu dari sedikit mata uang di Asia yang tidak melemah pada kuartal terakhir dan terlihat akan terus menguat hingga akhir tahun ini.

"Ringgit relatif tahan terhadap penguatan dolar tahun ini. Hal ini seharusnya memungkinkan BNM untuk mempertahankan suku bunga acuannya hingga tahun 2024," ujar ekonom Bloomberg, Tamara Henderson.

Prospek Pertumbuhan

Pertumbuhan Malaysia terlihat positif. Pemulihan ekonominya dipercepat pada kuartal pertama, dan ekspor terus tumbuh selama dua bulan berturut-turut di Mei. Negara ini akan mendapatkan keuntungan dari ekonomi global yang lebih tangguh, sebagian besar karena prospek yang lebih bullish untuk mitra dagang utamanya, Amerika Serikat, menurut BMI Research.

Kesepakatan-kesepakatan yang baru saja ditandatangani antara Malaysia dan China dapat mendorong pertumbuhan PDB 2024 di atas estimasi 4,4% dari BMI, ujar unit riset Fitch Solutions.

Malaysia juga akan terus mengungguli negara-negara tetangganya dalam hal pemulihan pariwisata, dibantu oleh persyaratan visa yang lebih mudah dan peningkatan kapasitas tempat duduk penumpang, menurut Wei Zheng Kit, seorang ekonom di Citigroup Inc. Ekspor elektronik juga diperkirakan akan menguat di paruh kedua tahun ini.

(bbn)

No more pages