Logo Bloomberg Technoz

Minyak Goreng Terkontaminasi, Keamanan Pangan China Diragukan

News
10 July 2024 20:00

Ilustrasi minyak goreng. (Dok. Bloomberg)
Ilustrasi minyak goreng. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Minyak goreng yang diproduksi oleh perusahaan makanan besar milik pemerintah China telah dihapus dari toko online terkemuka. Keputusan tersebut dibuat setelah kekhawatiran akan kontaminasi kembali menghantui konsumen terkait keamanan pangan di negara yang dipenuhi skandal masa lalu.

Merek minyak goreng "Jinding" - yang diproduksi oleh konglomerat China Grain Reserves Corp - ditarik dari platform seperti Taobao dan JD.com. Ini terjadi setelah laporan di Beijing News minggu lalu, yang menyebut truk tangki bahan bakar diisi dengan minyak kedelai di fasilitas penghancuran milik perusahaan-perusahaan termasuk Sinograin (sebutan perusahaan tersebut), tak lama setelah membongkar minyak batubara yang tidak bisa dimakan tanpa diperiksa kebersihannya.

Belum jelas mengapa produk tersebut diturunkan dari rak-rak toko virtual, tetapi kecepatan reaksi dan kemarahan di dunia maya menjadi pengingat bahwa kekhawatiran terhadap kualitas makanan terus mengguncang konsumen dan pejabat China. Skandal ini datang pada saat yang sulit bagi kepemimpinan Beijing, tepat ketika pejabat tinggi partai bersiap untuk berkumpul di ibukota, dan ketika kepercayaan pembeli sudah melemah.

Sinograin telah memulai penyelidikan internal tentang masalah ini dan berjanji untuk menghukum karyawan yang melanggar aturan. Regulator juga memperketat pengawasan, dengan Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar membentuk tim investigasi gabungan guna menyelidiki dugaan penggunaan truk tangki bahan bakar untuk mengangkut minyak goreng.