Logo Bloomberg Technoz

Ukraina mengatakan pihaknya perlu menyerang target militer di dalam Rusia untuk mempertahankan diri dan mengusir serangan-serangan Rusia. Ini adalah salah satu isu utama yang akan dibahas di KTT NATO.

Beberapa negara Eropa seperti Inggris telah menyatakan dukungan mereka terhadap posisi Ukraina, tetapi pemerintah AS sejauh ini menolak untuk mencabut semua pembatasan atas penggunaan senjatanya oleh Kyiv. Pemerintahan Biden mengatakan mereka belum mengizinkan serangan Ukraina ke dalam wilayah Rusia, menganggap itu sebagai garis merah untuk mencegah eskalasi dengan Moskow.

Pernyataan tersebut adalah kali pertama Starmer berkomitmen kepada kebijakan baru pemerintahannya setelah kemenangannya dalam pemilihan umum (pemilu) Inggris minggu lalu.

Mereka menegaskan kembali kata-kata yang digunakan oleh pemerintahan pendahulunya, Rishi Sunak, yang tidak pernah secara eksplisit mengatakan bahwa Ukraina dapat menggunakan Storm Shadows untuk menyerang Rusia. Namun, Sunak mengindikasikan hal tersebut dengan mengatakan bahwa terserah pada Kyiv bagaimana mereka akan menggunakannya. Pada saat itu, Kremlin menyebutnya sebagai "pernyataan yang sangat berbahaya."

"Keir Starmer telah memberikan dorongan kepada Presiden Zelenskiy," kata Jamie Shea, mantan pejabat NATO dan sekarang menjadi rekan setara di Chatham House, kepada Bloomberg Radio pada Rabu. Orang-orang Ukraina "harus bisa membalas serangan terhadap target militer Rusia yang signifikan - tetapi tentu saja bukan target sipil Rusia. Menurut saya Keir Starmer dan pemimpin NATO lainnya akan menarik garis merah mengenai hal itu, serangan mereka harus ditujukan terhadap target-target militer yang sebenarnya."

Menanggapi serangan terhadap rumah sakit di Ukraina oleh Rusia, Starmer mengatakan bahwa ini adalah "serangan yang sangat mengejutkan, mengerikan" yang memberikan "latar belakang yang sangat penting meskipun tragis untuk KTT ini." Dia menambahkan: "Ini adalah kewajiban setiap orang untuk menggambarkannya dengan istilah-istilah tersebut."

"Pesan saya kepada Presiden Putin adalah ini: KTT NATO ini harus dianggap sebagai tekad yang jelas dan bersatu oleh sekutu-sekutu NATO dan orang-orang lain yang ada di sana pada saat yang sama untuk berdiri dengan Ukraina dan melawan agresi Rusia," kata Starmer.

(bbn)

No more pages