Logo Bloomberg Technoz

Starmer Izinkan Ukraina Pakai Rudal Inggris untuk Serang Rusia

News
10 July 2024 18:20

Perdana Menteri Inggris Keir Starmer. (Sumber: Bloomberg)
Perdana Menteri Inggris Keir Starmer. (Sumber: Bloomberg)

Alex Wickham - Bloomberg News

Bloomberg, Keir Starmer mengisyaratkan bahwa Ukraina dapat menggunakan rudal Storm Shadow milik Inggris untuk menyerang target militer di Rusia. Perdana menteri (PM) Inggris tersebut mengkonfirmasi bahwa dia akan melanjutkan kebijakan pemerintah sebelumnya terkait penggunaan senjata jarak jauh dalam perang Rusia-Ukraina.

Starmer menyerahkan kepada Ukraina bagaimana rudal Storm Shadow tersebut akan digunakan, saat ditanya oleh reporter Bloomberg. Dia berbicara kepada para jurnalis dalam perjalanan ke KTT NATO di Washington pada Selasa (09/07/2024) malam.

Rudal-rudal tersebut "tentu saja digunakan sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional seperti yang diharapkan," tambah perdana menteri tersebut, menyatakan posisinya bahwa Storm Shadows harus digunakan "untuk tujuan pertahanan."

"Tetapi Ukraina yang memutuskan bagaimana cara mereka menggunakannya untuk tujuan-tujuan pertahanan tersebut," katanya. Storm Shadows adalah rudal jelajah yang dipandu secara presisi dengan jangkauan tembakan lebih dari 250 kilometer.