Logo Bloomberg Technoz

Kesepian Bisa Picu Orang Ingin Bunuh Diri, Apa Sebabnya?

Dinda Decembria
10 July 2024 16:30

Ilustrasi kesepian (Envato/travelarium)
Ilustrasi kesepian (Envato/travelarium)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kesepian merupakan kondisi dari emosional mental seseorang. Akan tetapi tingkat kesepian pada setiap orang sangat berbeda-beda.

Namun, yang perlu diwaspadai ketika kesepian sudah ingin berniat untuk mengakhiri hidup. Psikolog Samantha Elsener pun mengatakan ini buntut akibat kesepian terlalu lama dan seseorang tersebut tidak mencoba untuk fulfill atau utuh kembali.

"Bisa membuat kesepian jadi kronik sampai gejala depresi dan pada akhirnya lebih memilih mengakhiri hidup. Ini sangat memprihatinkan, artinya kondisi mental statusnya rendah,"kata Samantha melalui live Instagram Kementerian Kesehatan. 

Lebih lanjut Samantha menjelaskan bisa saja orang tersebut ingin bunuh diri karena kesepian tanpa koneksi pertemanan, kerabat bahkan keluarga dan tak memiliki hubungan yang sehat.

"Kalau kita masih punya temen yang bisa ditelepon aja, bisa chat kapan saja, kirim reels ketawa bareng sama temen kita, artinya kita masih punya koneksi temen yang sehat. Tapi, kalau kita sudah nggak punya itu, tapi kayaknya temen kita flat, datar, itu bisa bikin orang mempertanyakan, sebenarnya aku hidup untuk apa sih?," jelasnya.