Logo Bloomberg Technoz

Dia bilang bahwa dia menyaksikan lubang-lubang yang dibor secara tidak benar pada sekat 787 dengan cara yang menyimpang dari spesifikasi manufaktur Boeing.

Cuevas mengklaim bahwa pemecatannya pada Maret 2024 terjadi setelah dia melaporkan masalah tersebut secara internal, pertama dengan Spirit dan kemudian dengan Boeing.

2. Kesalahan Pasang Komponen pada 787

Boeing Co menemukan kesalahan pemasangan komponen pada bagian badan pesawat 787 Dreamliner yang terbuat dari komposit karbon.

Temuan ini terungkap saat Federal Aviation Administration (FAA) AS meningkatkan pengawasan terhadap Boeing setelah insiden panel penutup pintu terlepas dari 737 Max di pertengahan penerbangan pada Januari lalu. FAA juga sedang menyelidiki cacat kualitas pada 787.

3. Insiden Bodi Berlubang pada Boeing 737 Max 9

Pada 5 Januari 2024 lalu, penerbangan Alaska Air 1282 dengan Boeing 737 Max 9 yang membawa 171 penumpang dan 6 kru dari Portland ke Ontario, California, mengalami insiden yang dikenal sebagai bodi berlubang.

Saat penerbangan, pesawat mengalami masalah tekanan udara. Ini terjadi karena bagian depan sebelah kiri badan pesawat terlepas ketika berada di udara, meninggalkan lubang sebesar pintu. 

4. Jendela Kokpit Pesawat Boeing 737-800 Pecah

Pada 13 Januari 2024 waktu setempat, pesawat All Nippon Airways (ANA) dari Jepang ditemukan memiliki retakan di jendela kokpit. Akibatnya, pesawat dengan tujuan Bandara Toyama, New Chitose tersebut harus kembali ke bandara keberangkatan.

5. Roda Depan Boeing 757 Lepas

Roda depan pesawat jenis Boeing 757 yang dioperasikan Delta Air Lines lepas saat bersiap untuk lepas landas. Insiden ini terjadi di Bandara Internasional Atlanta, AS dengan tujuan Bogota, Kolombia. Akibat insiden tersebut terjadi, 184 penumpang yang selamat diangkut ke penerbangan pengganti.

6. Gagal Lolos Uji FAA

Dalam audit yang dilakukan FAA, pesawat jenis 737 MAX buatan Boeing gagal dalam 33 dari total 89 pengujian yang dilakukan selama proses produksinya. FAA menyatakan bahwa Boeing gagal dalam pengujian komponen panel yang dikenal sebagai door plug, yang menyebabkan salah satu pesawat maskapai Alaska Airlines mendarat darurat pada Januari 2024.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Spirit AeroSystems, produsen badan pesawat (fuselage) untuk seri MAX, hanya mencapai 6 dari 13 audit yang dilakukan, dan 7 lainnya gagal. Selain itu, pemeriksaan yang dilakukan pada Spirit Aerosystems juga menemukan lima masalah pada komponen plug door.

FAA juga menyatakan bahwa Spirit Aerosystems gagal melakukan proses pengujian pemasangan komponen tersebut. "Pengujian atau audit lain pada Spirit Aerosystems yang gagal adalah terkait pintu kargo dan juga pemasangan jendela kokpit."

7. Generator Oksigen

Lebih dari 2.600 pesawat Boeing Co 737 yang terdaftar di AS perlu menjalani pemeriksaan generator oksigen, setelah sejumlah laporan mengungkap beberapa unit bergeser keluar dari posisinya. Hal ini dapat mencegah pesawat memberikan oksigen dalam keadaan darurat.

FAA lantas memerintahkan inspeksi visual terhadap generator pesawat 737 lama dan model Max saat ini dalam sebuah "instruksi kelaikan udara" yang dikeluarkan pada Senin (8/7/2024). Beberapa pesawat akan memerlukan perbaikan untuk memastikan generator berada di tempat yang tepat.

(ros/hps)

No more pages