Logo Bloomberg Technoz

Sederet Masalah Pesawat Boeing, Bodi Berlubang hingga Roda Lepas

Redaksi
10 July 2024 16:20

Pengunjung memotret pesawat Boeing 737-10 Max di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Benjamin Girette/Bloomberg)
Pengunjung memotret pesawat Boeing 737-10 Max di Paris Air Show di Le Bourget, Paris, Prancis, Senin (19/6/2023). (Benjamin Girette/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Produsen pesawat asal Amerika Serikat (AS), Boeing Co terus diterpa masalah dalam beberapa waktu terakhir ini. Ini membuat kepercayaan publik terhadap kualitas produk pesawat asal negeri paman sam ini.  

Kasus terbaru, Administrasi Penerbangan Federal (Federal Aviation Administration/FAA) menemukan masalah pada ribuan generator oksigen pada lebih dari 2.600 pesawat Boeing 737. Ada dugaan kerusakan pada tali penahan masker oksigen penumpang yang terjadi pada keadaan darurat.

FAA lalu memerintahkan inspeksi visual terhadap generator pesawat 737 lama dan model Max saat ini dalam sebuah "instruksi kelaikan udara" yang dikeluarkan pada Senin (8/7/2024). Sejumlah pesawat akan memerlukan perbaikan untuk memastikan generator berada di tempat yang tepat.

Temuan ini bukan yang pertama, sehingga semakin menambah panjang daftar masalah yang dihadapi Boeing, terutama terkait kualitas dan keselamatan pesawat buatannya. Berikut deretan masalah Boeing, yang Bloomberg Technoz dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Sekat Tekanan Depan 787

Seorang mekanik subkontraktor yang bekerja pada pesawat 787 Dreamliner milik Boeing Co, Richard Cuevas menyatakan adanya "praktik manufaktur dan pemeliharaan di bawah standar" pada sekat tekanan depan 787--bagian berbentuk kubah yang terletak di hidung pesawat yang sangat penting untuk menjaga tekanan kabin.