Logo Bloomberg Technoz

Ledakan yang sama terjadi terakhir pada 1946, dengan  para astronom sebelumnya berkeyakinan bahwa ledakan berikutnya paling cepat terjadi bulan Februari, dikutip dari earthsky.

Corona Borealis/Blaze Star/Bintang Nova. (Dok: EarthSky.org)

Cara Bintang 80 Tahun Nova Meledak

T CrB adalah sistem bintang ganda. Sistem ini terdiri dari sebuah bintang dingin yang besar dan sebuah bintang panas yang lebih kecil, yang mengorbit satu sama lain setiap 228 hari.

Bintang dingin merupakan bintang raksasa merah yang membengkak dan terus menerus memindahkan materi ke komponen panas. Komponen panasnya berupa white dwarf yang dikelilingi piringan akresi yang terbuat dari materi yang ditransfer dari bintang lain.

Semua ini tersembunyi di dalam awan materi raksasa merah yang sangat tebal. Ketika sistem sedang diam, red giant mendominasi emisi cahaya tampak dan sistem akan tampak sebagai raksasa M3. Komponen panas menyumbangkan beberapa emisi dan mendominasi keluaran ultraviolet.

Selama ledakan, transfer materi ke komponen panas meningkat pesat, komponen panas mengembang, dan luminositas sistem meningkat.

(red)

No more pages