Logo Bloomberg Technoz

PwC PHK Ratusan Karyawan di China, Imbas Berkurangnya Klien

News
10 July 2024 15:30

PwC di China. (Dok: Bloomberg)
PwC di China. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, PricewaterhouseCoopers LLP (PwC) melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawan di seluruh operasinya di China. Hal ini terjadi setelah hengkangnya sejumlah klien perusahaan besar yang berdampak pada penurunan prospek pendapatan firma akuntansi tersebut di China.

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, setidaknya 100 staf dari berbagai tim di kantor PwC China di Beijing, Shanghai, dan lokasi lainnya diberhentikan. Bahkan, menurut salah satu sumber, lebih dari separuh anggota dari satu tim tertentu terkena PHK. Jumlah total PHK di seluruh firma belum bisa dipastikan saat ini.

“Menghadapi perubahan lingkungan eksternal, kami melakukan sejumlah penyesuaian untuk mengoptimalkan struktur organisasi agar lebih selaras dengan permintaan pasar,” kata juru bicara PwC menanggapi pertanyaan dari Bloomberg News. Firma tersebut tidak memberikan rincian mengenai jumlah staf yang terkena PHK.

“Penyesuaian ini merupakan keputusan yang sulit. Kami secara aktif berkomunikasi dengan karyawan kami dan memastikan rencana ini mematuhi semua peraturan ketenagakerjaan yang relevan di China,” tambah juru bicara tersebut.