Logo Bloomberg Technoz

Sejumlah perusahaan Jepang dari berbagai industri, mulai dari industri hingga perawatan kesehatan dan teknologi, tengah mengincar aset di luar negeri untuk membantu diversifikasi dan ekspansi di tengah pertumbuhan domestik yang lambat.

Produk Yokohama mencakup ban untuk mobil penumpang, truk dan bus, serta kendaraan industri dan peralatan pertambangan dan konstruksi, seperti yang ditunjukkan situs webnya. Ban OTR digunakan dalam industri seperti pertambangan.

Produk perusahaan lainnya termasuk ban berjalan, pelat karet dan fender laut, serta peralatan terkait golf. Saham Yokohama naik 6,3% tahun ini hingga Selasa, dengan nilai produsen ban ini sekitar US$3,6 miliar.

Goodyear yang berbasis di Akron, Ohio, pada November lalu mengatakan sedang mencari alternatif untuk bisnis bahan kimia, merek Dunlop, dan unit OTR, dengan tujuan mengumpulkan setidaknya US$2 miliar. Rencana ini dinamai "Goodyear Forward".

Goodyear telah memperingatkan persaingan yang lebih ketat di industri pembuatan ban, dengan produsen saingan meningkatkan kapasitas di negara-negara berbiaya rendah dan secara agresif mengejar pangsa pasar. Pesaing utama Goodyear secara global termasuk Bridgestone Corp dan Michelin.

Saham Goodyear telah turun 26% tahun ini. Nilai pasarnya adalah US$3 miliar.

(bbn)

No more pages