Logo Bloomberg Technoz

Kepala Statistik Kementerian, Beatrice Tsai, mengatakan setelah rilis tersebut bahwa Taiwan "memasuki musim puncak ekspor mulai Juli" dan sebagian besar ekspor bulan ini akan tetap atau lebih baik dibandingkan dengan Juni.

Taiwan adalah rumah bagi pembuat cip paling canggih di dunia. Pasalnya Taiwan Semiconductor Manufacturing Co adalah pemasok utama untuk Nvidia dan Apple Inc. TSMC dan rekan-rekannya, didukung oleh ekosistem pemasok komponen yang luas, memproduksi sebagian besar semikonduktor kelas atas di dunia.

"Taiwan terus menikmati keuntungan dari ledakan kecerdasan buatan dan rebound siklus teknologi, yang kemungkinan akan mendukung ekspor dalam beberapa bulan mendatang," kata Gary Ng, seorang ekonom senior dari Natixis SA.

Ekspor sirkuit terpadu melanjutkan pertumbuhan setelah kehilangan momentum selama beberapa bulan terakhir. Total pengiriman pada Juni ke AS naik lebih dari 74%, dan pengiriman ke ASEAN juga terus tumbuh secara signifikan, mengimbangi dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi di China, menurut Ng.

AS jadi tujuan ekspor Taiwan terbesar. (Dok: Bloomberg)

Lonjakan pengiriman GPU merupakan salah satu faktor yang mendorong perdagangan dengan AS ke rekor tertinggi. Lebih dari US$9 miliar barang dikirim dari Taiwan ke AS bulan lalu, bulan tertinggi ketiga yang pernah ada dan hanya kalah dari rekor pada Maret.

(bbn)

No more pages