Logo Bloomberg Technoz

Ledakan AI di AS Dorong Lonjakan Ekspor Teknologi Taiwan 422%

News
10 July 2024 14:30

Ilustasipemenang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI)
Ilustasipemenang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI)

Bloomberg News

Bloomberg, Ledakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) mendorong lonjakan ekspor Taiwan. Perusahaan-perusahaan di pulau itu mengirimkan unit pemrosesan grafis dan peralatan terkait senilai lebih dari US$42 miliar selama setahun terakhir, naik dari hampir tidak ada dalam beberapa tahun terakhir.

Ekspor tersebut bernilai US$3,5 miliar bulan lalu, naik hampir 422% dari periode yang sama setahun yang lalu, menurut data yang dirilis pada Rabu (10/7/2024) oleh administrasi bea cukai.

AS adalah pelanggan terbesar untuk cip, yang dibuat oleh orang-orang seperti Nvidia Corp dan sangat penting untuk memberi daya pada grafis dan melatih layanan AI. Perusahaan-perusahaan di Belanda dan Hong Kong juga merupakan pelanggan besar.

Ekspor Taiwan. (Dok: Bloomberg)

Total ekspor pada Juni naik 23,5% menjadi hampir US$40 miliar, demikian yang diumumkan Kementerian Keuangan pada Selasa (9/7/2024). Keseluruhan pengiriman komputer dan perangkat keras terkait melonjak 324% menjadi US$6,6 miliar karena permintaan yang kuat dari sektor-sektor teknologi yang sedang berkembang.