Logo Bloomberg Technoz

Saham Samsung memangkas kenaikan sebelumnya hingga turun 0,3% di Seoul pada Rabu (10/07/2024), sementara pemasok termasuk Wonik IPS Co, TES Co dan Soulbrain Holdings Co mengalami kerugian.

Sebagian besar produksi Samsung dilakukan secara otomatis, tetapi perusahaan tersebut tidak mampu menanggung hambatan produksi apa pun dalam beberapa minggu mendatang. Perusahaan ini mencoba meyakinkan Nvidia Corp untuk menggunakan memori bandwidth tinggi miliknya, sebuah prasyarat agar bisa mengejar rival yang lebih kecil, SK Hynix Inc, di arena AI yang sedang berkembang pesat.

"Samsung akan memastikan tidak ada gangguan yang terjadi di lini produksi," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. "Kami tetap berkomitmen untuk melakukan negosiasi dengan itikad baik dengan serikat pekerja."

Pemogokan itu juga terjadi ketika rantai pasokan semikonduktor global menghadapi persaingan teknologi AS-China yang meningkat dan tantangan geopolitik. Samsung menyumbang sekitar 20% dari pasar DRAM global dan sekitar 40% dari NAND flash, yang digunakan dalam smartphone dan server.

Investor sebagian besar tetap tidak terpengaruh, kata analis. Pasar berfokus pada seberapa cepat Samsung bisa mendapatkan persetujuan dari Nvidia untuk memasok HBM, dan memiliki "sedikit minat pada pemogokan," kata Lee Seung-woo, kepala pusat penelitian Eugene Investment & Securities. Sulit juga untuk menilai apa dampaknya terhadap pendapatan, karena potensi gangguan produksi dapat mendorong naiknya harga chip, katanya.

Tuntutan para pekerja muncul setelah Samsung membukukan lonjakan laba operasi 15 kali lipat pada kuartal Juni, mencerminkan peningkatan permintaan chip memori dan ledakan investasi dalam infrastruktur AI. Namun, investor tetap khawatir tentang posisi pasar perusahaan dalam chip AI melawan SK Hynix.

Pergerakan saham Samsung vs SK Hynix. (Sumber: Bloomberg)

Serikat pekerja terbesar Samsung menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk mempersiapkan pemogokan, setelah negosiasi mengenai gaji dan waktu liburan gagal bulan lalu. Perkembangan minggu ini merupakan eskalasi cepat dari pemogokan satu hari pada awal Juni - yang pertama dalam 55 tahun keberadaan Samsung.

Aksi tersebut dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan mereka dengan mengganggu produksi di salah satu fasilitas chip tercanggih perusahaan, kata para pemimpin serikat pekerja. Ini juga bertepatan dengan peluncuran produk terbesar Samsung tahun ini di Paris, di mana perusahaan tersebut diperkirakan akan mengungkap ponsel dan jam tangan lipat baru dengan AI dan fitur pelacak kesehatan yang inovatif.

Para pemimpin serikat pekerja mengatakan lebih dari 6.500 orang mendaftar untuk mengambil bagian dalam aksi mogok kerja selama tiga hari tersebut. Polisi kemudian memperkirakan jumlah pedemo mendekati setengah dari jumlah tersebut pada Senin.

 

(bbn)

No more pages