Logo Bloomberg Technoz

Selain peristiwa Rabu Pon di atas, sejak kepemimpinannya pada 2014, Jokowi total telah melakukan delapan kali perombakan kabinet pada Rabu Pon. 

Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto saat dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Pada 12 Agustus 2015, Jokowi melantik Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Polhukam, Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman, Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan, Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet, dan Sofyan Djalil sebagai Kepala Bappenas serta Teten Masduki sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Rabu Pon 27 Juli 2016, Jokowi kembali melakukan reshuffle kedua dengan merombak 14 menteri, termasuk mengangkat Sri Mulyani saat itu yang menjabat sebagai Menteri Keuangan. Selanjutnya pada Rabu Pon 17 Januari kembali melakukan reshuffle, dengan salah satunya mengangkat Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden.

Rabu Pon 23 Desember 2020, saat pandemi Covid, Jokowi merombak kabinet lagi, salah satunya dengan mengganti Terawan dengan Budi Gunadi Sadikin di posisi menteri kesehatan.


Tak Ada Reshuffle Kabinet Rabu Pon Sekarang

Hari ini merupakan Rabu Pon ketiga terakhir yang dimiliki Jokowi jika ingin merombak kabinet.

Sejak Selasa (9/7/2024) malam, santer beredar kabar bakal ada pergantian menteri di lingkaran kabinet. Bersamaan dengan isu tersebut, muncul nama Thomas Djiwandono yang disebut-sebut akan masuk dalam kabinet.

Thomas Djiwandono merupakan ponakan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Namanya mencuat ke publik usai dikenalkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Thomas merupakan bagian penting dari Tim Gugus Sinkronisasi Bidang Keuangan. Posisi ini dinilai strategis karena berkaitan dengan transisi pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo pada Oktober ini.

Meski demikian, hingga saat ini Istana tidak mengeluarkan agenda reshuffle kabinet mengamini rumor yang belakangan beredar. Jokowi pada hari ini menghabiskan waktu di Istana dengan meresmikan pembukaan Rakernas APKASI pagi tadi, dan pelepasan tim Indonesia di Olympic Games sore nanti.

"Tidak ada (kabar reshuffle)," ujar sumber Bloomberg Technoz di lingkaran kabinet, semalam.

Hal senada juga disampaikan kubu Prabowo.

"Tidak betul, mas Tommy (Thomas Djiwandono) saat ini masih di london untuk urusan keluarga dan baru kembali di Indonesia tanggal 14 Juli," kata Politikus Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat dikonfirmasi, Rabu (10/7/2024).

Masih ada 2 Rabu Pon

Usai pungkas Rabu Pon hari ini, Jokowi masih memiliki setidaknya dua kali Rabu Pon hingga mengakhiri masa jabatannya pada Oktober nanti. Rabu Pon tersebut bakal jatuh pada 14 Agustus 2024 dan 18 September 2024. 

Adapun masa jabatan Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Setelah lengser, Presiden Jokowi akan tetap menerima uang pensiun dan tunjangan lainnya, seperti pejabat tinggi dan negara lainnya. Uang pensiun presiden dan wakil presiden diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 1978.

(red)

No more pages