Logo Bloomberg Technoz

Boeing Krisis, Akankah Jet Comac dan Embraer Dilirik Maskapai RI?

Redaksi
10 July 2024 12:30

Pesawat Embraer E-195-E2 Profit Hunter di Paris Air Show./Bloomberg-Benjamin Girette
Pesawat Embraer E-195-E2 Profit Hunter di Paris Air Show./Bloomberg-Benjamin Girette

Bloomberg Technoz, Jakarta – Permasalahan cacat produksi dan berbagai insiden yang menimpa The Boeing Company terus bergulir bagaikan bola panas. Temuan demi temuan baru kian terungkap hari demi hari, yang mulai berimbas pada kepercayaan maskapai terhadap pesawat jet buatan pabrikan Amerika Serikat (AS) tersebut.

Terbaru, sebanyak lebih dari 2.600 pesawat Boeing 737 yang terdaftar di AS perlu menjalani pemeriksaan generator oksigen, setelah sejumlah laporan mengungkap beberapa unit bergeser keluar dari posisinya. Hal ini dapat mencegah pesawat memberikan oksigen dalam keadaan darurat.

Federal Aviation Administration/FAA) memerintahkan inspeksi visual terhadap generator pesawat 737 lama dan model Max saat ini dalam sebuah "instruksi kelaikan udara" yang dikeluarkan pada Senin (8/7/2024). Beberapa pesawat akan memerlukan perbaikan untuk memastikan generator berada di tempat yang tepat.

Penumpang di pesawat Boeing 737 Max-8 selama penerbangan United Airlines./dok. Bloomberg


Temuan tersebut terjadi hanya selang sesaat setelah United Airlines Holdings Inc menyatakan salah satu pesawat Boeing miliknya kehilangan roda pendaratan utama saat lepas landas pada Senin (8/7/2024). Insiden ini hampir mengulangi insiden pada Maret yang membantu memicu tinjauan keselamatan federal terhadap maskapai tersebut.

Kepercayaan Cedera