Logo Bloomberg Technoz

Imbas Insiden Lion, Kepercayaan RI terhadap Boeing Kian Memburuk

Pramesti Regita Cindy
10 July 2024 11:20

Ilustrasi Lion Air. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Lion Air. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi) Alvin Lie mengatakan persepsi publik di Indonesia terhadap keselamatan pesawat Boeing sudah sangat memburuk.

Hal itu terjadi utamanya sejak kecelakaan seri 737 Max yang jatuh di Indonesia (Lion Air) dan Ethiophia (Ethiopian Airlines) masing-masing pada 2018 dan 2019, serta insiden copot pintu pesawat Boeing milik Alaska Airlines di udara pada Januari 2024. 

"Butuh waktu lama dan upaya sungguh-sungguh dari Boeing untuk meyakinkan dan mengembalikan kepercayaan publik [atas dua insiden tersebut]," jelas Alvin kepada Bloomberg Technoz, dikutip Rabu (10/7/2024).

Memang, kata Alvin, Boeing menyatakan bersedia membayar denda sebesar US$243,6 juta sembari menunggu putusan akhir pengadilan atas kecelakaan Lion Air dan Ethiopian Airlines.

Akan tetapi, lanjutnya, dampak langsung yang mungkin akan dirasakan oleh Boeing atas kasus ini adalah kemungkinan pabrikan jet tersebut akan dicoret sebagai vendor Pemerintah Amerika Serikat (AS), termasuk sebagai pemasok pesawat militer.