Logo Bloomberg Technoz

Gran Max Kena Recall di Jepang, Daihatsu Sebut RI Tak Terdampak

Pramesti Regita Cindy
10 July 2024 11:10

Ilustrasi Daihatsu Gran Max (Dok. Astra Daihatsu)
Ilustrasi Daihatsu Gran Max (Dok. Astra Daihatsu)

Bloomberg Technoz, Jakarta Astra Daihatsu Motor (ADM) angkat bicara perihal penarikan kembali atau recall yang dilakukan oleh induk perusahaan mereka Daihatsu Motor Co untuk beberapa jenis model Gran Max di Jepang.

Direktur Marketing dan Direktur Planning Astra Daihatsu Motor (ADM) Sri Agung Handayani mengungkapkan recall terhadap 559 unit Daihatsu Gran Max di Jepang, yang terjadi karena permasalahan aki ini, tidak berdampak sama sekali terhadap mobil Gran Max yang dipasarkan di Indonesia.

"Gran Max yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia tidak terdampak dengan hal ini, karena setiap negara memiliki spesifikasi part yang berbeda termasuk regulasi yang mengaturnya," jelas Sri ketika dimintai konfirmasi oleh Bloomberg Technoz, dikutip Rabu (10/7/2024).

Daihatsu Motor Co yang juga merupakan entitas anak usaha Toyota Motor Corp sudah cukup lama memiliki masalah utamanya dalam hal penyimpangan peraturan sertifikasi emisi domestik yang tidak tepat.

Pada April 2023, Daihatsu bahkan mengakui telah memanipulasi hasil uji tabrak atau crash test pada 88.000 mobil yang mereka produksi di Thailand dan Malaysia dan dijual dalam setahun terakhir.