Logo Bloomberg Technoz

Smelter Terbengkalai, ESDM Kaji Relaksasi Terbatas Ekspor Bauksit

Dovana Hasiana
10 July 2024 09:30

Fasilitas pencucian bauksit atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman
Fasilitas pencucian bauksit atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bakal melakukan kajian kembali atas kebijakan relaksasi ekspor bijih bauksit yang telah dicuci (washed bauxite) dengan kuota terbatas, usai sudah dilarang sejak Juni 2023.

Adapun, pernyataan ini dilontarkan usai Wakil Ketua Komisi VII Maman Abdurrahman mendorong Kementerian ESDM mendesak kementerian melakukan kajian dalam memberikan relaksasi ekspor washed bauxite.

Sekretaris Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Siti Sumilah Rita Susilawati mengatakan kajian relaksasi ekspor bauksit dengan kuota terbatas itu bakal mempertimbangkan beberapa aspek.

“[Aspek tersebut] antara lain perekonomian masyarakat setempat, rencana dan progres pembangunan smelter bauksit di dalam negeri, termasuk peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini terkait dengan tata kelola ekspor bauksit, dan aspek lainnya,” ujar Rita kepada Bloomberg Technoz, dikutip Rabu (10/7/2024). 

Bauksit yang telah dicuci atau washed bauxite./Bloomberg-Paulo Fridman

Sebelumnya, Maman menggarisbawahi relaksasi tersebut sebaiknya hanya dilakukan dengan kuota terbatas, dengan tetap mendorong pembangunan pabrik pemurnian atau smelter di dalam negeri.