Logo Bloomberg Technoz

Euforia The Fed Jadi Katalis, IHSG Dibuka Menguat 0,31% ke 7.292

Muhammad Julian Fadli
10 July 2024 09:07

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu (10/7/2024), dibuka menguat. Pada pukul 9.05, indeks mencatat kenaikan 22,78 poin atau setara dengan 0,31% ke level 7.292.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 3,82 miliar saham dengan nilai transaksi Rp580 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 63.324 kali.

Sebanyak 201 saham menguat, dan 122 saham melemah. Sementara, 188 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Dalam testimoninya di hadapan Komite Perbankan Senat Amerika Serikat semalam, Jerome Powell menyatakan risiko yang dihadapi oleh perekonomian AS bukan hanya inflasi. Ekonomi terbesar di dunia itu juga menghadapi risiko pelemahan pasar tenaga kerja di mana tingkat pengangguran AS naik dalam tiga bulan berturut-turut. 

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, data inflasi baru-baru ini juga telah menunjukkan kemajuan yang moderat, katanya, dan data yang lebih baik akan memperkuat kepercayaan diri The Fed pada inflasi yang kembali ke 2%, sebuah kondisi untuk mulai memangkas suku bunga acuan.