Logo Bloomberg Technoz

Analisis data dimulai dari 1 Mei 2023 hingga 30 April 2024. Terjadi di seluruh penumpang dari 64 negara dimana mereka sering melakukan perjalanan via bandara. Terkumpul 17.550 peringkat bandara yang dikumpulkan melalui survei.

Posisi utama, peraih penghargaan tahun ini adalah Bandara Internasional Hamad di Qatar — yang berada di peringkat kelima dalam penghargaan tahun lalu.

Bandara Internasional Cape Town di Afrika Selatan dan Bandara Internasional Chubu Centrair di Jepang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. 

Ilustrasi terminal bandara yang masuk 10 peringkat terbaik AirHelp.

Namun kejutan di 2024 adalah Bandara Internasional Salt Lake City di Amerika Serikat (AS) yang masuk dalam daftar 10 besar; pintu gerbang menuju wisata ski Utah dan berbagai taman nasional yang menduduki peringkat ke-8 di dunia dan terbaik di AS.

Bandara Salt Lake City yang baru merupakan fasilitas canggih yang dibuka pada September 2020 dan telah mengalami peningkatan sejak saat itu. Tahap akhir penyelesaian Salt Lake City diperkirakan akan selesai pada musim gugur ini.

Kemunculan bandara AS di 10 besar global sangat penting, mengingat hanya tiga bandara AS yang masuk dalam daftar 50 bandara global terbaik versi AirHelp pada tahun 2023: Minneapolis-St. Paul International (No. 13), Seattle-Tacoma International (No. 34), dan Detroit Metropolitan Airport Wayne County (No. 38).

Kali ini, 10 bandara AS berada di antara 50 bandara terbaik, termasuk Washington Dulles International (No. 11), Hartsfield-Jackson Atlanta International (No. 16), Nashville International (No. 18), dan Phoenix Sky Harbor International (No. 21). 

“Melihat peringkat 2024, AS telah membuat langkah maju, dengan menempatkan tujuh bandara di tiga puluh besar,” kata Tomasz Pawliszyn, CEO AirHelp.

Seiring dengan pemulihan bandara pasca-pandemi, pengalaman di bandara semakin membaik bagi para pelancong yang menuju AS.

Tampak dari skor kinerja di antara 10 bandara AS teratas, yang menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan skor tahun lalu.

Pada daftar 2023, bandara AS dengan skor tertinggi - Minneapolis-St. Paul (MSP) - menerima skor 8,15 (dari maksimum 10 poin). Tahun ini, enam dari 10 bandara AS menerima skor yang lebih tinggi.

10 Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2024 versi AirHelp:

  1. Doha Hamad Airport, di Doha, Qatar
  2. Cape Town Airport, di Capetown, Afrika Selatan
  3. Chubu Centrair Airport, di Nagoya, Jepang
  4. Osaka Itami Airport, di Osaka, Jepang
  5. Brasilia-Presidente Juscelino Kubitschek Airport, di Brasilia, Brazil
  6. Johannesburg OR Tambo Airport, di Johannesburg, Afrika Selatan
  7. Muscat Airport, di Muscat, Oman
  8. Salt Lake City Airport, di Salt Lake City, Amerika Serikat
  9. Belem/Valde-Cans Airport, di Belem, Brazil
  10. Tokyo Narita Airport, di Tokyo, Jepang

(bbn)

No more pages