Logo Bloomberg Technoz

“Dua kuartal pertumbuhan berturut-turut, dikombinasikan dengan banyak hype pasar seputar PC kecerdasan buatan (AI) dan siklus penyegaran komersial yang kurang seksi tetapi bisa dibilang lebih penting, tampaknya merupakan hal yang dibutuhkan pasar PC,” tulis Ryan Reith, VP grup IDC.

Industri PC mengalami penurunan bersejarah dalam beberapa tahun terakhir setelah konsumen, bisnis, dan sekolah membeli mesin baru selama pandemi pada tahun 2020 dan 2021, kemudian menunda penggantian.

Hasilnya menunjukkan bahwa siklus pembelian baru sedang berlangsung, tulis Amit Daryanani, seorang analis di Evercore ISI.

Produsen komputer telah memuji PC AI, jenis perangkat baru yang dirancang khusus untuk menjalankan tugas artificial intelligence. PC jenis ini membantu mendorong gelombang baru peningkatan.

IDC mengatakan bahwa hanya sekitar 3% dari PC yang dikirim tahun ini yang akan dioptimalkan dengan AI.

Data pengiriman Dell Technologies Inc justru menurun 2,4% pada kuartal tersebut. Cell jadi satu-satunya perusahaan besar yang mengalami penurunan, sementara Lenovo Group Ltd menguasai pangsa pasar tertinggi dengan hampir 23%.

HP Inc mengalami peningkatan 1,8% dari tahun sebelumnya dan merupakan produsen PC terbesar kedua dengan 21% pangsa pasar.

Lemahnya permintaan di China menghambat hasil keseluruhan - tidak termasuk negara tersebut, pengiriman di seluruh dunia tumbuh lebih dari 5%, kata IDC.

(bbn)

No more pages