Logo Bloomberg Technoz

“Data yang lebih baik akan memperkuat keyakinan kami bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju target 2%,” kata Powell kepada Komite Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan Senat dalam testimoni yang disiapkan. Dia akan bersaksi pada Rabu (10/07/2024) di depan Komite Jasa Keuangan DPR.

Para pejabat bank sentral AS bertujuan untuk mengembalikan inflasi ke target 2% setelah lonjakan harga pasca-pandemi. Sementara pasar tenaga kerja telah bertahan di bawah tekanan dari suku bunga yang lebih tinggi, kenaikan tingkat pengangguran telah menambah tekanan politik pada pejabat The Fed untuk mulai mengurangi biaya pinjaman.

Pernyataan Powell menunjukkan bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (Federal Open Market Committee/FOMC) tidak mungkin menurunkan suku bunga saat bertemu pada akhir bulan ini.

Imbal hasil Treasury berfluktuasi, tetapi lebih tinggi hari ini. Indeks S&P 500 tetap lebih tinggi setelah testimoni Powell dirilis.

Para trader memperkirakan kemungkinan lebih dari 70% bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya pada September. Mereka memperkirakan penurunan suku bunga sebesar seperempat poin pada 2024.

Para pejabat The Fed menyambut baik data terbaru yang menunjukkan inflasi kembali melambat, menyusul lonjakan harga di awal tahun, meskipun beberapa pembuat kebijakan lainnya juga mengatakan mereka perlu lebih yakin bahwa tren ini akan berlanjut sebelum mengurangi biaya pinjaman.

Ukuran inflasi pilihan The Fed naik 2,6% dalam 12 bulan hingga Mei, turun dari 7,1% pada Juni 2022. Meskipun pengangguran tetap rendah di 4,1%, angka ini meningkat setiap bulan selama tiga bulan terakhir.

Sejumlah ekonom memperingatkan bahwa ada perlambatan di pasar tenaga kerja yang bisa semakin memburuk. Jumlah orang yang telah mencari pekerjaan selama 15 minggu atau lebih meningkat pada bulan Juni ke level tertinggi sejak awal 2022, ketika angka tersebut menurun dengan cepat.

Grafik perekrutan tenaga kerja. (Sumber: Bloomberg)

Powell menyebut pasar tenaga kerja “kuat, tetapi tidak terlalu panas.” Dia menambahkan bahwa sikap restriktif bank sentral berupaya untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan.

“Kenaikan lain dalam tingkat pengangguran dalam laporan Juli dapat menantang asumsi kami untuk satu kali pemotongan suku bunga tahun ini pada bulan Desember, meningkatkan kemungkinan dua pemotongan mulai bulan September,” kata Yelena Shulyatyeva, ekonom senior di BNP Paribas.

The Fed telah mempertahankan suku bunga kebijakannya pada tingkat restriktif sebesar 5,25% hingga 5,5% selama setahun. Para trader berjangka hampir sepenuhnya memperkirakan pemotongan suku bunga pada pertemuan kebijakan 17-18 September, kurang dari dua bulan sebelum pemilu AS.

(bbn)

No more pages