Logo Bloomberg Technoz

Riset: Jumlah Kematian Akibat Panas Tidak Dapat Dipastikan

News
09 July 2024 20:20

Gelombang panas ekstrem di Mesir. (Fotografer:Islam Safwat/Bloomberg)
Gelombang panas ekstrem di Mesir. (Fotografer:Islam Safwat/Bloomberg)

Zahra Hirji dan Preeti Soni - Bloomberg News

Bloomberg, Para pejabat di Miami-Dade County, Florida, bingung saat ingin mengetahui berapa banyak orang yang meninggal karena cuaca panas ekstrem. Mereka pun meminta bantuan Christopher Ueijo, seorang ahli geografi di Florida State University.

Ueijo menggunakan data suhu dan catatan kematian untuk menentukan bahwa antara tahun 2015 dan 2019, panas terik membunuh rata-rata 34 orang per tahun di wilayah tersebut yang seharusnya bisa tidak meninggal dunia. Perkiraannya ini lebih dari 10 kali lipat lebih tinggi daripada angka resmi: Selama periode yang sama, Miami-Dade hanya mengklasifikasikan dua kematian terkait panas.

Sekitar setahun kemudian, Ueijo melakukan analisis kedua terhadap data yang sama. Kali ini, ia memperhitungkan peningkatan suhu sebelum puncak gelombang panas untuk menangkap lebih banyak dampak kesehatan awal dan kumulatif. Temuan terbaru, yang diterbitkan pada Mei, sangat berbeda: 600 kematian akibat panas per tahun.

"Keduanya adalah studi yang ditinjau oleh rekan sejawat," kata Jane Gilbert, kepala petugas penanggulangan panas untuk Miami-Dade County yang menugaskan kedua analisis tersebut. "Saya bertanya [kepada Ueijo] mana yang harus saya gunakan, dan dia berkata antara 34 dan 600."