Logo Bloomberg Technoz

Kontroversi Dior Dibeli Rp900 Ribu Dijual Puluhan Juta

Redaksi
09 July 2024 18:40

Dior Small Lady D-Joy Bag. (Dok. Dior)
Dior Small Lady D-Joy Bag. (Dok. Dior)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Media asing membeberkan fakta mencenangkan terkait tas mewah Dior. Terungkap tas tersebut dibeli dari produsen dengan harga US$57 (Rp900 ribuan) namun dijual dengan harga puluhan hingga ratusan juta.

Seperti dilansir dari Skynews,  menurut pejabat penegak hukum Eropa, para pembuat barang mewah di balik merek ikonik termasuk Dior dan Armani mempekerjakan kontraktor yang membayar pekerja hanya US$2 (Rp32 ribu) per jam  untuk membuat tas tangan yang kemudian mereka jual dengan harga ribuan dolar per buah.

The Wall Street Journal juga melaporkan rumah mode milik orang terkaya di dunia Bernard Arnault dan keluarganya itu membebankan biaya sekitar US$57 (Rp900 ribu) kepada pemasok untuk membuat tas tangan. Setelah itu mereka menjual tas tersebut di toko sekitar US$2.780 (Rp45 juta).

Pihak berwenang Italia memperoleh angka-angka tersebut setelah polisi melakukan serangkaian penggerebekan di bengkel dan pabrik darurat yang mempekerjakan imigran ilegal dan pekerja lainnya "di luar catatan.

Medium Lady Dior Bag. (Dok. Dior)

Jaksa di Milan menuduh perusahaan-perusahaan tersebut mempekerjakan subkontraktor yang mempekerjakan migran Tiongkok dan pekerja asing lainnya yang dibayar hanya antara US$2 dan US$3 per jam.