Logo Bloomberg Technoz

Tol Cimanggis-Cibitung Diresmikan, Waktu Tempuh Tak Sampai 1 Jam

Pramesti Regita Cindy
09 July 2024 18:00

Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4 mulai beroperasi (Dok. Pelindo)
Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4 mulai beroperasi (Dok. Pelindo)

Bloomberg Technoz, Jakarta Ruas Jalan Tol Cimanggis—Cibitung akhirnya diresmikan, menyusul rampungnya konstruksi dari Seksi 2B ruas Cikeas—Cibitung (19,65 km).

Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin dalam meresmikan ruas Jalan Tol tersebut, berharap bahwa dengan hadirnya jalan tol Cimanggis—Cibitung ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung maupun sebaliknya hanya 30—45 menit dari yang sebelumnya menempuh waktu antara 1—2 jam melalui jalan arteri. 

"Konektivitas wilayah antara Jakarta dengan sekitarnya [juga] diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis—Cibitung dengan jalan tol kawasan Jabodetabek. Jalan tol ini akan mendorong efisiensi dan efektivitas konektivitas ekonomi di kawasan ini, yang nantinya akan menyumbang ekonomi bagi kawasan dan nasional," ungkap Ma'aruf dalam sambutan peremsiannya, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2024). 

Tol Cimanggis—Cibitung diketahui masuk ke dalam proyek strategi nasional dengan panjang 26,18 km yang termasuk bagian dari Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways selaku pemegang hak konsesi jalan tol, dengan anggaran investasi sebesar Rp10,6 triliun, dan mulai dibangun sejak tahun 2016. 

Dengan diresmikannya ruas Jalan Tol Cimanggis—Cibitung, jalan tol tersebut dapat beroperasi penuh dengan jaringan Jalan Tol JORR 2 yang utuh tersambung sepanjang 111 km. Dimulai dari Cengkareng—Kunciran—Serpong—Cinere—Jagorawi—Cimanggis—Cibitung hingga Cilincing.