Logo Bloomberg Technoz

Konflik di Laut Merah Bikin Macet Pelabuhan Malaysia & Singapura

News
09 July 2024 17:50

Kapal Kargo Logistik (Dok Freepik)
Kapal Kargo Logistik (Dok Freepik)

Serene Cheong - Bloomberg News

Bloomberg, Kemacetan kapal kontainer di Singapura, salah satu pelabuhan tersibuk di Asia, menyebar ke negara tetangga, Malaysia. Hal ini menghambat rantai pasokan dan menyebabkan penundaan dalam pengiriman barang konsumen.

Sekitar 20 kapal kontainer berlabuh di lepas pantai Port Klang, di pantai barat Malaysia dekat Kuala Lumpur. Klang dan Singapura sama-sama berada di Selat Malaka, jalur air vital yang menghubungkan Eropa dan Timur Tengah ke Asia Timur.

Kemacetan ini disebabkan oleh kapal-kapal yang menghindari Terusan Suez dan Laut Merah karena serangan Houthi, yang mendukung Hamas dalam perang dengan Israel. Banyak kapal yang menuju ke Asia memilih untuk berlayar di sekitar ujung selatan Afrika, yang berarti mereka tidak dapat mengisi bahan bakar atau menurunkan muatan kargo di Timur Tengah.

Port Klang merupakan terminal penting, mengingat kedekatannya dengan Kuala Lumpur. Namun, antrean sebesar ini jarang terjadi, dengan gambar pelacakan kapal menunjukkan banyak kapal yang sedang membongkar muatan di tempat berlabuh.

Tarif angkutan kapal kontainer. (Sumber: Bloomberg)