Logo Bloomberg Technoz

Menkeu Buka Peluang Cabut Blokir Belanja K/L Tapi Tetap Selektif

Azura Yumna Ramadani Purnama
09 July 2024 17:13

Menkeu Sri Mulyani. (Dok: djpb.kemenkeu)
Menkeu Sri Mulyani. (Dok: djpb.kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka peluang untuk mencabut kebijakan Automatic Adjustment atau pemblokiran sementara anggaran Kementerian/Lembaga (K/L) sebesar 5%. Ia menegaskan, jikapun dilakukan, pembukaan blokir anggaran tetap dilakukan secara selektif.

Sri Mulyani menjelaskan pemblokiran anggaran yang dilakukan pada semester I-2024 tersebut menyasar belanja para K/L, yang nantinya digunakan sebagai cadangan dan digunakan jika ada kebutuhan mendesak.

“Penting bisa saja Automatic Adjustment itu dibuka di dalam rangka untuk membiayai kegiatan yang prioritas nasional dan betul-betul penting dan mendesak,” ucap Sri Mulyani kepada awak media di Kompleks DPR RI, Selasa (9/7/2024).

Meski demikian, ia menegaskan pembukaan blokir anggaran perlu dilakukan secara selektif dan sesuai kondisi keuangan negara. Hal ini, menurut dia seperti yang disampaikan Badan Anggaran (Banggar) dalam catatannya.

“Tapi tadi disebutkan harus selektif dan sesuai kondisi keuangan negara berarti nanti kita lihat, tidak akan mempengaruhi keseluruhan outlook [prognosis] dari defisit,” pungkasnya.