Logo Bloomberg Technoz

Langkah IDI Terhadap Dekan FK Unair yang Dipecat

Dinda Decembria
09 July 2024 16:10

Budi Santoso mantan dekan FK Unair. (SumberFoto/fk.unair.ac.id)
Budi Santoso mantan dekan FK Unair. (SumberFoto/fk.unair.ac.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemecatan terhadap dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Budi Santoso karena menyuarakan penolakan terhadap dokter asing menjadi perhatian Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Kami tentunya mendukung hal-hal yang berkaitan sejawat dalam upaya untuk penyampaian kebebasan akademi,"ujar Ketua umum Pengurus Besar Ikatan Dokter indonesia), DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT saat menanggapi persoalan tersebut dalam acara virtual terkait dokter asing bersama IDI, Selasa (9/7/2024).

Dokter Adib pun mengatakan dengan masalah ini sudah mencoba melakukan komunikasi hingga ke pihak internal Unair. Menurutnya, perlu banyak yang harus di klarifikasi dari pihak rektorat.

"Kami sudah melakukan sebuah komunikasi, baik pro agus dan pihak internal Unair, banyak hal harus klarifikasi pihak rektorat, mudah-mudahan proses dari internal, bisa menjawab. Dalam waktu dekat ada penjelasan semoga bisa juga nanti ada penyelesaian baik," kata dokter Adib.

Sebelumnya, Dekan FK Unair Prof Dr Budi Santoso dr SPOG (K) menilai sebanyak 92 fakultas kedokteran di Indonesia masih mampu meluluskan dokter-dokter berkuliatas dan tidak kalah dengan dokter-dokter asing.