Logo Bloomberg Technoz

"Di rumah saya juga tidak ada listrik - saya tahu bagaimana rasanya," kata Walikota Houston John Whitmire pada jumpa pers di malam hari. "CenterPoint sedang melakukan segala hal yang mereka bisa."

Mereka yang tanpa listrik akan menghadapi ancaman baru pada Selasa, karena suhu tinggi diperkirakan akan terjadi setelah badai. Dinas Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan panas untuk wilayah tersebut yang berlangsung hingga Rabu, dengan indeks panas diperkirakan mencapai 40°C.

Houston adalah ibu kota minyak di belahan bumi barat, dan pusat penting produksi petrokimia AS, pelayaran global, dan penelitian medis. Terletak di tepi laut yang sering dilanda badai, kota ini terbiasa menghadapi badai.

Tahun ini, cuaca buruk telah berulang kali menghantam kota dan 7 juta penduduk wilayah metropolitannya. Serangkaian badai telah membanjiri jalan-jalan dan rumah-rumah, merobek jendela gedung pencakar langit, dan membuat jutaan orang terputus aliran listriknya, terkadang selama berhari-hari. Banjir melanda beberapa pinggiran kota pada Mei, disusul oleh dua angin kencang yang membuat trotoar di pusat kota dipenuhi pecahan kaca jendela.

Texas telah menjadi contoh nyata cuaca ekstrem yang dipicu oleh perubahan iklim, mulai dari badai yang dahsyat di sepanjang Teluk Meksiko hingga gelombang panas dan kekeringan yang melanda wilayah barat negara bagian yang berdebu. Tahun ini menjadi saksi kebakaran hutan terbesar yang pernah tercatat di negara bagian tersebut, yang membakar wilayah Panhandle.

Beryl awalnya diperkirakan akan mendarat lebih jauh ke barat, tetapi malah bergerak mendekati kota. Anginnya merobek sebagian atap balai kota Sugar Land di pinggiran kota, sementara sebuah stasiun berita lokal menunjukkan tim penyelamat menarik seorang pengemudi yang terjebak di atas truknya yang hampir terendam banjir.

Satu orang penduduk tewas tertimpa pohon tumbang, dan yang lainnya meninggal dalam kebakaran yang dipicu oleh petir, kata Whitmire. Pada Senin pagi, kota tersebut menerima 400 panggilan ke 911 setiap jam, katanya.

Para pejabat Houston mendesak warga untuk tetap di rumah pada Selasa agar petugas utilitas dan petugas tanggap darurat dapat menilai kerusakan dan memeriksa penduduk yang rentan. Air dan puing masih menghalangi banyak jalan, dan lampu lalu lintas mungkin tidak berfungsi.

"Saya ingin menekankan, jangan biarkan langit yang cerah menipu Anda," kata Whitmire. "Kita masih dalam kondisi berbahaya."

(bbn)

No more pages