Logo Bloomberg Technoz

Listrik Padam, Houston Lumpuh Diterjang Badai Beryl

News
09 July 2024 16:20

Banjir usai Badai Beryl melanda Houston, Texas, pada 8 Juli. (Sumber: Bloomberg)
Banjir usai Badai Beryl melanda Houston, Texas, pada 8 Juli. (Sumber: Bloomberg)

David R. Baker - Bloomberg News

Bloomberg, Mayoritas wilayah Houston masih dilanda pemadaman listrik akibat Badai Tropis Beryl. Pihak berwenang memperingatkan pemadaman tersebut bisa berlangsung berhari-hari, bahkan ketika suhu panas di wilayah tersebut semakin meningkat.

Badai Beryl meninggalkan kota terbesar keempat di Amerika Serikat itu dalam keadaan mengenaskan: jalanan banjir, pohon tumbang, lampu lalu lintas padam, dan kabel listrik berserakan di tanah. Tiga kematian akibat badai dilaporkan, termasuk seorang pegawai Departemen Kepolisian Houston yang tenggelam di dalam mobilnya. Beryl, yang berstatus badai Kategori 1 saat menghantam Texas pada Senin (08/07/2024) dini hari, sebelumnya telah menewaskan 11 orang dalam amukannya selama sepekan di Karibia.

Sekitar 85% rumah dan bisnis yang dilayani oleh perusahaan listrik utama di wilayah Houston - CenterPoint Energy Inc - kehilangan daya listrik. Hingga Senin malam pukul 8 waktu setempat, perusahaan tersebut telah berhasil memulihkan aliran listrik ke sekitar 285.000 dari 2,27 juta pelanggan yang terdampak, dan diperkirakan 1 juta pelanggan akan kembali teraliri listrik pada akhir Rabu, demikian pernyataan perusahaan tersebut.

Meskipun CenterPoint telah mengerahkan lebih dari 10.000 pekerja untuk memulihkan layanan, perusahaan tersebut memperingatkan bahwa beberapa bagian jaringan lokal mereka mungkin perlu diganti, tidak hanya diperbaiki.