Logo Bloomberg Technoz

10 Bandara Terbaik di Dunia 2024, Jepang Dominan

Ruisa Khoiriyah
09 July 2024 15:45

Para pelancong tiba di terminal kedatangan Narita International Airport, Jepang (Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Para pelancong tiba di terminal kedatangan Narita International Airport, Jepang (Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Libur musim panas, Juni-Agustus, lazim menjadi kesempatan menghabiskan liburan keluarga seiring kedatangan musim libur anak sekolah dan pergantian tahun ajaran baru.

Bukan hanya di Indonesia di mana periode kenaikan kelas atau kelulusan terjadi pada pertengahan tahun, di banyak negara empat musim, libur musim panas alias summer break biasanya ditandai oleh kenaikan belanja wisata dan pengeluaran untuk tiket pesawat.

Perjalanan berwisata ke luar negeri niscaya akan mempertemukan para pelancong dengan berbagai layanan bandar udara di banyak negara. Penerbangan jarak jauh bahkan seringkali membuat para penumpang pesawat perlu bermalam dahulu alias transit di bandara tertentu sebelum melanjutkan penerbangan, utamanya dalam indirect flight.

Airhelp, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manajemen klaim dan membantu penumpang pesawat memperjuangkan haknya ketika terjadi gangguan penerbangan, baru-baru ini merilis daftar terbaru bandara terbaik di dunia tahun 2024. Kualifikasi bandara terbaik diukur dari beberapa faktor di antaranya ketepatan waktu, opini pelanggan serta kelengkapan gerai makanan dan pertokoan.

Yang menarik, lima dari 10 besar bandara terbaik di dunia versi Airhelp adalah bandara di Asia. Jepang bahkan keluar dengan tiga bandara yang dianggap terbaik saat ini.